Senin, 11 Juni 2012

Nouvelix Linux OS : Cocok Untuk PC Jaman Dulu (Jadul)




novelinux
Semakin banyaknya industri warnet di indonesia dipicu oleh semakin melonjaknya kebutuhan masyarakat akan Internet. Meskipun banyak ISP yang menawarkan paket Internet pribadi namun warnet masih tetap menjadi pilihan. Perkembangan industri warnet juga harus didukung oleh perkembangan Software yang digunakan, terutama legalitas dan kualitas. Dan operating sistem serta aplikasi juga harus terpenuhi. Banyak pengusaha pemula warnet sukses di awal namun dipertengahkan mengalami hambatan, itu disebabkan karena harga software yang mahal, sering terjadi ketidakstabilan dan kerusakan software akibat virus sehingga membuat biaya maintenance juga bertambah. Adapun solusi yang tepat yaitu menggunakan operating System Linux. Linux sangat stabil dan powerfull serta bebas dari virus dan memiliki banyak macam pilihan distro. Dan di Indonesia sudah ada distro khusus untuk warnet yaitu zencafe. Sebuah penemuan yang sangat bagus dan sangat membantu. Namun dari survey dan komentar-komentar di internet banyak pemula linux masih belum paham dengan struktur linux basis slackware. Ada fitur-fitur yang perlu ditambah yaitu Tampilan desktop, koneksi Bluetooth grafis, Instalasi grafis (GUI), VNC remote desktop, space hardisk yang lebih kecil, bisa dicoba sebelum diinstall (LIVE CD) dan ada beberapa orang yang butuh desktop 3D (compiz).

Nouvelix Linux, adalah sebuah operating system linux yang dibangun dari distro Nimblex 2008, Zencafe dan Slackware 12.2. Spesifik Distro ini adalah untuk Warnet atau Internet cafe. Namun bisa juga untuk keperluan sehari-hari. Nouvelix Berasal dari nama nickname "Novelist Kesunyian" dan asal distro "Nimblex 2008"
Distro ini Live CD, sehingga bisa dicoba dulu sebelum diinstal. Dengan ukuran 355Mb lebih kecil 50% dari distro biasa (700Mb) dan cepat di download. Jika diinstal hanya memakan space 1.2 Gb saja, dan hanya butuh swap 500Mb. Pada umumnya warnet menggunakan prosesor Pentium 3, oleh karena itu nouvelix sangat mengutamakan kecepatan akses. dengan kernel 2.6.24 sudah mencukupi untuk mengenali hardware tersebut.
Tampilan mirip Windows XP sehingga mudah bagi para pemula linux, bahkan yang belum mengenal linux sama sekali.
novelinux 1
Berikut adalah aplikasi yang ada di distro nouvelix linux :
Office: Gnumeric (excel), Abiword (word), Kpresent (presentation)
novelinux 12
Internet & Network: Mozilla firefox, Opera, Konqueror, Pidgin, Gyach, Kopete, mIRc, Xchat, Gftp, Bittoren Client, Kmail, Skype (for linux), VNC server (remote desktop), KPPP, KWifimanager, Kbluetooth
Billing: Cclfox
Multimedia: Mplayer, Kplayer, Xine, Avidemux (Converter video), Xmms, Kjuk, Player, K3B Burning,
novelinux mp3
Graphic: Compiz / Fusion (3D effect), Virtual BOX (inotek), Gimp, Kuickshow, Kpdf
Accesories: Kwrite, Kate, Kcalc, Klam AV, Gparted, dan lain-lain 

Download Via IDWS = Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar